5 Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak Balita

Mainan Edukasi untuk Anak Balita

Banyak orangtua yang rela membeli banyak mainan untuk memenuhi kebutuhan anak. Namun, sebagai orangtua jangan asal pilihkan mainan untuk anak. Sebaliknya, pilihkan mainan yang memberikan edukasi kepada anak. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai manfaat mainan edukasi yang bisa Anda dapatkan dari pedagang terutama yang jual mainan anak perempuan.

1. Dapat Meningkatkan Kreatifitas

Sel saraf otak pada anak terutama pada anak balita, memungkinkan anak untuk selalu melakukan aktivitas bermain tanpa kenal lelah. Baik itu pada pagi hari, sore hari maupun pada malam hari. Seakan tidak mengenal waktu dan badan yang capek. Pasalnya, dunia bermain adalah dunia untuk menyalurkan suasana riang hatinya terutama untuk menyalurkan kelebihan energinya.

2. Dapat Meningkatkan Daya Konsentrasi

Salah satu mainan yang bisa meningkatkan daya konsentrasi adalah mainan berupa puzzle. Pada permainan ini, anak akan dituntut untuk bisa fokus pada gambar ataupun pola yang ada pada puzzle tersebut. Mainan sejenis inilah yang bisa memberikan manfaat yang efektif agar anak tidak terus berlari-larian namun juga menggali daya konsentrasinya.

3. Dapat Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik

Manfaat yang bisa didapatkan dari mainan edukatif  berikutnya bisa meningkatkan juga dalam aspek psikomotoriknya. Misalnya mainan lempar bola. Anda bisa menilai sendiri bagaimana anak memegang bola, cara anak melemparkannya. Selain itu, Anda bisa juga mengubah pola permainan menjadi menendang bola. Apakah anak terbiasa menggunakan kekuatan kakinya atau tidak.

4. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Mainan yang edukatif bisa meningkatkan daya kemampuannya dalam hal bersosialisasi juga. Misalnya menciptakan suara dari botol plastik. Jika ingin menghasilkan suara yang merdu, maka anak harus belajar berkomunikasi dengan orang terdekatnya. Oleh karena itu, anak bisa berinteraksi atau pun bersosialisasi satu sama lain.

Bisa juga Anda mengajak anak untuk bermain di luar rumah. Misalnya dengan bermain mainan tradisional seperti sepedaan bersama, petak umpet, benteng-bentengan, lompat tali, maupun tebak-tebakan menggunakan lagu. Dengan begitu, kemampuan bersosialisasi anak sedikit demi sedikit secara bertahap lebih membaik. Anak pun tidak terlalu merasa terisolir dari teman sebayanya.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kepercayaan diri anak. Misalnya saja mainan menyusun balok warna. Apabila anak bisa melewati kesulitan, Anda bisa memberinya dukungan. Pada usaha yang berikutnya, jika anak telah berhasil melewati rintangan itu sendiri, maka anak akan mendapatkan rasa percaya dirinya. Oleh karena itu, Anda bisa memilihkan mainan lainnya yang secara tidak langsung juga mendukung rasa kepercayaan dirinya.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat mainan edukatif untuk anak. Anda bisa memilih segala macam mainan yang ada di toko perlengkapan bayi jika berkenan. Apabila Anda ingin mencari mainan yang lebih beragam lagi, Anda bisa langsung menuju ke toko mainan. Jangan lupa tanyakan kepada anak mengenai mainan kesukaan juga.

admin

shares