5 Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kanan Bawah Sakit

Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

Perut kanan bawah sakit merupakan salah satu penyebab yang paling sering membuat pasien pergi ke unit gawat darurat rumah sakit. Sakit perut di daerah ini biasanya akan menyerang secara tiba-tiba dan terus-menerus. Berikut penyebab dan cara mengatasi sakit perut pada bagian kanan bawah.

Radang Usus Buntu

Radang usus buntu adalah penyebab paling sering yang membuat sakit perut pada bagian kanan bawah. Hal ini dapat terjadi paling tidak pada 10 persen populasi dengan kejadian tersering oada rentang usia 20 hingga 30 tahun. namun, radang usus buntu ini tetap dapat terjadi pada usia berapa pun.

Penyebabnya sendiri bisa karena infeksi atau penyumbatan yang akhirnya menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter dan jika positif, tindakan yang paling tepat adalah melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

Mittelschmerz

Mittelschmerz adalah rasa sakit yang berhubungan dengan ovulasi. Rasa sakit ini bisa terjadi pada bagian perut sebelah kanan dan kiri bawah. Salah satu ciri nyeri ovulasi adalah terjadi sekitar 2 minggu sebelum masa menstruasi. Gejalanya bisa berupa kram dan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk.

Batu Ginjal Kanan

Kristal kecil dapat mengendap di dalam ginjal akan membentuk batu. Apalagi jika warna urine menjadi terlalu pekat karena Anda kurang minum air putih. Batu ginjal bisa melewati setiap bagian dari saluran kemih, dari ginjal menuju kandung kemih melalui ureter.

Gejala batu ginjal adalah perut kanan bawah sakit yang menjalar hingga pinggang. Rasa sakit bisa datang secara bergelombang dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Gejala lainnya bisa juga rasa sakit saat buang air kecil, air seni berwarna merah muda hingga merah kecoklatan yang menunjukkan adanya kandungan darah dalam urine.

Nyeri tersebut bisa diatasi dengan minum air putih yang cukup dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Namun, jika semakin parah maka Anda perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis berupa penghancuran atau juga pengangkatan batu ginjal.

Kanker Usus Besar

Kanker usus besar juga dapat menyebabkan sakit pda perut bagian kanan. Biasanya terjadi pada pasien usia lanjut. Diawalai dengan sembelit atau perubahan kebiasaan buang air besar, sakit perut yang parah, hingga penurunan berat badan yang signifikan.

Penyakit Radang Panggul

Infeksi ini melibatkan organ reproduksi perempuan yang disebabkan bakteri menular seksual. Biasanya diawali nyeri perut disertai dengan keluarnya cairan dari jalan lahir yang berbau busuk, gangguan menstruasi, demam, nyeri punggung bawah hingga nyeri saat Anda berhubungan suami-istri.

Itulah 5 penyebab perut kanan bawah sakit dan cara mengatasinya adalah dengan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. Informasi mengenai masalah kesehatan lainnya bisa Anda dapatkan di situs resmi Orami di www.orami.co.id.