6 Kandungan Buah Naga sebagai Nutrisi Pokok yang Menyehatkan Tubuh

6 Kandungan Buah Naga sebagai Nutrisi Pokok yang Menyehatkan Tubuh

Buah naga terkenal dengan buahnya yang manis dan banyak mengandung air. Di samping itu semua, buah naga mengandung banyak nutrisi pokok yang tentu saja sangat berguna menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 6 kandungan buah naga yang mampu mengoptimalkan fungsi sistem tubuh sampai menghindarkan diri dari penyebab penyakit.

  1. Antioksidan

Antioksidan sangat diperlukan sebagai penangkal radikal bebas agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Kebutuhan tubuh terhadap antioksidan dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah naga. Mekanisme pertahanan tubuh menjadi lebih optimal dan stabil, sehingga mampu menangkal berbagai penyebab penyakit. Antioksidan juga mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak.

  1. Vitamin A, B, C, dan E

Beragam jenis vitamin juga terkandung dalam buah naga, di antaranya adalah vitamin A, B, C, dan E. Vitamin A ini sangat bermanfaat untuk menguatkan sistem imun, mencegah berbagai penyakit, dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B berkhasiat melancarkan proses metabolisme, mencegah penuaan dini, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan energi. Fungsi vitamin A yang menyehatkan kulit ini dioptimalkan oleh vitamin C dan E. Vitamin C juga bermanfaat untuk menguatkan imun.

  1. Fosfor

Buah naga juga kaya akan mineral. Salah satunya adalah fosfor yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja organ pencernaan, mengatur proses ekskresi dan detoksifikasi, serta mengoptimalkan proses pembentukan tulang dan gigi agar sehat dan kuat. Jadi, buah naga ini baik untuk dikonsumsi semua usia demi menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Kalsium

Kandungan mineral berikutnya adalah kalsium yang berperan penting dalam fungsi dasar tubuh, di antaranya menjaga kesehatan jantung, mengoptimalkan fungsi otot dan impuls saraf, serta mengoptimalkan pembentukan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi buah naga, Anda dapat memenuhi asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

  1. Magnesium

Buah naga juga banyak mengandung magnesium yang sangat berperan dalam meningkatkan kepadatan komponen tulang. Manfaat lainnya yaitu mengurangi migrain, mengatur dan menstabilkan suhu tubuh, menyuplai energi, menyembuhkan insomnia, melancarkan detoksifikasi, serta menurunkan risiko jantung koroner.

  1. Beta Karoten

Buah naga yang terdiri dari spesies berwarna merah keunguan dan kuning ini banyak mengandung senyawa beta karoten. Zat penentu pigmen pada buah ini mengandung banyak zat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit juga mata.

Itulah berbagai jenis zat yang terkandung di dalam buah naga. Sensasi buahnya yang menyegarkan tentu sangat pas dinikmati langsung ataupun diolah menjadi jus buah. Anda juga bisa membuatnya menjadi salad buah agar terasa sensasi yang berbeda. Berbagai kandungan buah naga di atas mampu menunjang kesehatan tubuh. Hasilnya akan lebih optimal jika rutin mengonsumsi.

admin

shares