Ajukan Kredit KPR BTN Online, Ini Tips agar Diterima

Ajukan Kredit KPR BTN Online, Ini Tips agar Diterima

Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari BTN saat ini benar-benar sangat dimudahkan. Anda bisa mengajukan kredit BTN properti di sini dengan cara online melalui laman di www.btnproperti.co.id. Agar pengajuan kredit BTN Anda diterima, ini tips yang bisa Anda lakukan!

Cara Mengajukan Kredit BTN Via Laman BTN Online

Sebenarnya, cara mengajukan kredit BTN via laman online ini mudah saja. Pertama, Anda hanya harus melakukan registrasi dulu di www.btnproperti.co.id yang bisa diakses melalui laptop ataupun melalui ponsel. Setelah itu, tinggal isi data yang dibutuhkan sesuai dengan yang tersedia di situs tersebut.

Lanjutkan dengan melakukan verifikasi data registrasi via email dan lakukan login ke laman tersebut lagi setelah melakukan verifikasi data. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan memilih rumah yang diinginkan sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan mulai dari lokasi, harga, luas tanah dan bangunan dan lain sebagainya.

Jika sudah, tinggal ajukan saja pinjaman KPR-nya yang disertai dengan scan KTP dan slip gaji. Setelah selesai, Anda hanya perlu menunggu approval dari bank BTN. Bila nantinya pinjaman disetujui, Anda diharuskan untuk datang ke bank BTN terdekat dari rumah yang dipilih untuk melengkapi semua berkas.

Tips agar Pengajuan Kredit BTN Diterima

  1. Ajukan KPR BTN dengan Cicilan Maksimal 30% dari Gaji

Walau rumah yang ingin Anda beli adalah rumah impian sesuai dengan imajinasi Anda, namun Anda tetap harus realistis dalam melihat kondisi keuangan. Jangan pernah memaksakan diri kalau kondisi keuangan Anda tak memungkinkan. Jadi, sebaiknya Anda menyesuaikan besaran cicilan per bulan dengan gaji yang diterima.

Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya perlu menghitung cicilan KPR dengan besaran maksimal 30% dari total gaji Anda selama satu bulan. Semisal gaji Anda adalah 6 juta, itu artinya KPR yang Anda ajukan maksimal memiliki cicilan 1,8 juta per bulannya.

  1. Perbesar DP atau Cari Rumah dengan Harga Murah

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar pengajuan KPR Anda diterima adalah dengan memperbesar uang muka. Bank, termasuk bank BTN biasanya tak akan memberikan pinjaman penuh untuk KPR Anda. Semisal Anda mengajukan KPR sebesar 300 juta dan itu sudah sesuai dengan kebutuhan, biasanya hanya 280 juta saja yang akan dicairkan.

Ada banyak pertimbangan pihak bank melakukan hal ini. Salah satunya adalah 30% dari gaji yang Anda miliki tadi. Kalau sudah begini situasinya, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbesar uang muka yang disetorkan pada pihak bank. Bank akan mempertimbangkan untuk memenuhi semua kebutuhan dana Anda.

Bukan hanya dengan memperbesar DP saja, Anda juga bisa lakukan cara lain agar pihak bank memberikan KPR sesuai dengan kebutuhan alias tidak dikurangi. Caranya adalah dengan mencari rumah yang harganya lebih murah dari harga rumah pertama.

  1. Ikutkan Pasangan

Peluang untuk bisa mendapatkan KPR sebenarnya bisa lebih besar bila Anda mengikutkan pasangan di dalam pengajuan KPR tersebut. Anda sebenarnya bisa melihat ketentuan yang satu ini saat mengajukan KPR. Anda disarankan untuk menyerahkan bukti penghasilan Anda dan pasangan untuk mempermudah pencairan KPR.

Hal itu bukan tanpa maksud. Penyerahan bukti penghasilan Anda dan pasangan akan dijumlah oleh bank dan dari sanalah mereka bisa melihat seberapa mampu Anda dalam membayar cicilan. Ini bisa jadi solusi jitu untuk Anda yang ingin punya rumah namun memiliki gaji yang pas-pasan.

  1. Pastikan Anda Tak Memiliki Catatan Buruk

Salah satu pertimbangan pihak bank BTN untuk bantu Anda wujudkan rumah imajinasmu adalah dengan melihat apakah Anda memiliki catatan kredit yang buruk atau tidak. Kalau sebelumnya Anda punya utang dari bank atau utang kartu kredit, ada baiknya sebelum Anda mengajukan KPR, Anda membereskan semua utang tersebut lebih dulu.

Sebagai informasi, pembayaran kredit yang macet ataupun menunggak bisa membuat kolektibilitas kredit Anda buruk di mata bank. Bagaimana Anda bisa mengetahuinya? Anda bisa mengeceknya via SLIK OJK. Kalau status kredit Anda lancar, itu artinya kolektibilitas kredit Anda baik.

Peluang Anda untuk mendapatkan KPR jadi jauh lebih besar. Sementara bila Anda mengalami status macet, kemungkinan Anda mendapatkan kredit KPR BTN akan sangat kecil. Malah, bisa saja tak ada harapan sama sekali. Jadi, sebelum ajukan kredit KPR di BTN, pastikan Anda sudah membereskan semua masalah utang-piutang lebih dulu agar diterima.

  1. Lengkapi Semua Syarat yang Dibutuhkan

Agar pengajuan kredit Anda disetujui pihak bank, lebih dulu Anda harus melengkapi semua syarat yang dibutuhkan. Hal ini penting sebagai tahap lanjutan untuk pencairan dana. Biasanya, hal yang pertama kali dilihat bank adalah identitas dan slip gaji Anda. Pastikan Anda memenuhi syarat awal tersebut.

Bila nanti pengajuan pinjaman kredit Anda disetujui, Anda harus melengkapi semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Untuk BTN, syarat tersebut biasanya terdiri dari fotokopi KTP atau kartu identitas lain, fotokopi KK, slip gaji sebulan terakhir, NPWP atau SPT 12, fotokopi rekening koran dan akta perusahaan, surat izin praktik dan lainnya.

Semua itu nantinya akan dicek oleh pihak bank sebagai syarat administratif untuk langkah awal pencairan pinjaman. Oleh sebab itu, melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan wajib hukumnya.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan agar pengajuan pinjaman KPR di bank BTN bisa diterima. Anda bisa melakukannya secara online ataupun langsung ke bank BTN terdekat. Namun, kalau Anda ajukan secara online via laman KPR BTN, Anda akan lebih mudah menentukan pilihan rumah dan mendapat banyak keuntungan lainnya.

admin

shares