Beberapa Jurus Marketing Yang Jitu

Beberapa Jurus Marketing Yang Jitu

Masyarakat modern seperti sekarang sudah membutuhkan komunikasi dua arah, jadi masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja. Karena itulah sekarang iklan tidak bisa lagi hanya sebagai media komunikasi semata. Para marketer harus mencari cara untuk berkomunikasi dengan masyarakat secara interaktif dan juga efektif. Salah satu cara yang seringkali digunakan marketer adalah Integrated Marketing Communication (IMC). Sejak tahun 1980-an, marketer sudah melirik cara promosi yang saling terintegrasi akan tetapi IMC sendiri baru booming beberapa tahun belakangan ini sejak adanya internet, call center dan lain sebagainya.

Akhirnya para pengusaha pun harus melakukan perusahan dalam berkomunikasi. Saat ini komunikasi tidak hanya untuk mendapatkan pelanggan baru namun juga untuk membangun dan menjaga hubungan jangka panjang. Bisa dibilang para marketer harus bisa memahami customer touch point. Setiap pengusaha saling bersaing untuk menciptakan konsumen yang puas. Untuk itulah dibutuhkan strategi marketing yang tepat dan juga efisien untuk mencapai keberhasilan. Strategi yang dimaksud tersebut adalah IMC dan berdasarkan 4P (product, price, place and promotion). Strategi harus dirancang sedemikian rupa untuk meminimalkan kerugian namun dapat memaksimalkan keuntungan.

Berikut adalah strategi yang berfokus pada konsumen yang bisa anda coba untuk mendapatkan kepuasan konsumen akan produk anda.

  • Strategi yang berfokus pada produk, yang mana maksudnya adalah ketika anda membuat produk maka anda harus membuat produk sesuai dengan kebutuhan dan atau permintaan pasar. Apabila anda membuat produk untuk niche market maka akan sulit untuk bisa mengembangkan produk anda. Memang ada konsumen yang merasa puas, akan tetapi keuntungan anda dapatkan tidak akan begitu banyak. Bagaimana caranya anda bisa menghasilkan produk yang diminta oleh masyarakat tanpa perlu meng-copy produk orang lain sehingga produk anda memiliki banyak peminat. Untuk itu anda harus melakukan observasi pasar secara langsung.
  • Yang kedua adalah strategi yang fokus terhadap harga. Sebaiknya anda tidak memasang harga terlalu rendah atau terlalu tinggi dari harga pasar. Hal tersebut hanya akan membuat konsumen berpikir dua kali sebelum membeli produk anda. Jika terlalu murah, konsumen akan berpikir produk anda palsu namun bila terlalu mahal maka konsumen tidak akan membelinya karena ada toko sebelah yang menjual dengan harga lebih murah. Penentuan harga bisa anda lakukan dengan observasi pasar dan juga memperhatikan berapa banyak biaya yang anda keluarkan untuk menghasilkan produk tersebut.
  • Strategi ketiga berfokus pada place atau saluran pendistribusiannya (tempat penjualan). Tempat untuk menjual produk anda sangat penting karena harus memikirkan tempat yang tepat agar produk anda bisa ditemukan atau diakses dengan mudah oleh konsumen. Apakah anda ingin menjualnya secara online, di mall, di toko-toko atau di tempat-tempat lainnya. Namun pastikan tempat anda menjualnya harus sesuai dengan produk yang anda jual. Misalnya saja anda menjual tas branded jutaan rupiah, tentu anda tidak akan menjualnya di pinggir jalan, hal tersebut hanya akan membuat konsumen berpikiran tas yang anda jual adalah barang palsu atau kw yang dijual terlalu mahal. Untuk itulah anda harus memikirkan dengan matang dimana saja tempat yang tepat untuk menjual produk anda.
  • Yang terakhir adalah strategi promosi. Kegiatan promosi bisa anda lakukan dengan berbagai macam cara. Apakah anda ingin melakukan promosi dengan SEO, SEM, atau sekedar memasang iklan di media cetak. Tujuan dari promosi adalah untuk memperkenalkan produk anda kepada masyarakat, bagaimana caranya produk anda bisa sampai dikenal oleh mereka. Tujuan dari kegiatan promosi ini adalah hanya dengan mendengar nama produk, tagline atau ciri khas dari produk anda, maka yang terpikirkan pertama kali adalah produk anda. Bila sampai seperti itu maka kegiatan promosi yang anda lakukan sudah sangat bagus. Anda bisa fokus pada 4 macam promosi, yaitu promosi penjualan, periklanan, perorangan dan juga hubungan masyarakat. Promosi penjualan bisa berupa pemberian bonus/ diskon, promosi periklanan untuk mendapatkan perhatian konsumen, promosi perorangan adalah mendatangi konsumen secara bertatap muka langsung dan hubungan masyarakat merupakan penanaman image yang baik terkait produk.

admin

shares