Cara Mencegah Furunkel yang Baik dan Benar

Cara Mencegah Furunkel yang Baik dan Benar

Furunkel sering juga disebut sebagai infeksi yang terjadi pada kulit. Infeksi ini berasal dari dalam kulit, yaitu tepatnya pada kelenjar minyak atau bahkan folikel rambut yang anda miliki. Furunkel merupakan sesuatu yang akan membuat si penderita merasa kesakitan. Namun untungnya furunkel ini dapat anda cegah loh.

Salah satu gejala awal yang membuat furunkel muncul, adalah bercak merah yang nantinya pada akhirnya akan membuat benjolan keras dengan isi nanah. Hal ini diakibatkan adanya bakteri, yang mana masuk ke pori-pori atau bahkan luka yang anda miliki. Berikut ini adalah cara untuk mencegah furunkel.

Pencegahan Furunkel

  1. Jagalah kebersihan tubuh

Cara pertama yang sangat mudah untuk dilakukan adalah, pastikan bahwa anda selalu menjaga kebersihan tubuh anda. Dalam hal ini selalu pastikan bahwa anda mandi dan berendam secara rutin untuk bisa menjaga kebersihan kulit dan juga rambut. Di saat cuaca yang sedang panas, mandi adalah hal yang paling penting karena kemungkinan terkena furunkel akan semakin besar.

Setidaknya dalam sehari, pastikan bahwa anda menyempatkan untuk mandi atau bahkan berendam terutama saat tubuh anda sedang berkeringat. Cara inti merupakan salah satu pencegahan yang bisa anda lakukan, untuk menghindari timbulnya furunkel. Jangan lupa untuk selalu membersihkan area penting seperti wajah, leher, pantat, bahu atau bahkan ketiak sekalipun.

  1. Gunakan sabun antibakteri yang ringan

Agar semakin ampuh dalam menghindari munculnya furunkel yang ada, cobalah untuk menggunakan sabun mandi yang ringan atau bahkan pembersih wajah yang memang memiliki anti bakteri. Anda juga dapat dengan mudah menemukannya di apotek atau bahkan toserba sekalipun.

Namun pastikan bahwa kulit anda cocok, dalam menggunakan sabun antibakteri tersebut. Pasalnya sabun ini biasanya akan membuat kulit anda kering jika memang tidak cocok saat digunakan oleh tubuh.

  1. Lakukan eksofiliasi menggunakan waslap

Salah satu metode yang dapat anda gunakan, untuk bisa mencegah tersumbatnya pori-pori yang ada di wajah adalah menggunakan waslap. Dalam hal ini juga akan ikut untuk mencegah terbentuk furunkel yang mengganggu. Namun pastikan bahwa saat melakukan penggosokan, jangan terlalu keras agar tidak membuat kulit menjadi rusak.

  1. Mengeringkan tubuh dengan benar

Dalam hal ini bukan hanya tumbuh di daerah yang panas, namun bakteri juga tumbuh di tempat atau tubuh yang lembap. Pastikan dengan baik bahwa anda dapat mengeringkan tubuh anda dengan sempurna selesai mandi, atau bahkan berendam sekalipun.

Tidak sulit bukan untuk bisa mencegah munculnya furunkel? Dalam hal ini memang kehadiran furunkel sangat tidak nyaman, maka dari itu cegahlah sedini mungkin sebelum anda memiliki furunkel. Pastikan bahwa anda selalu menjaga kebersihan tubuh dan juga wajah anda, agar bakteri yang menyebabkan furunkel tidak memiliki kesempatan untuk bisa masuk ke dalam pori-pori.

admin

shares