Ciri Khas Dari Perkembangan Anak 5 Tahun

Ciri Khas Dari Perkembangan Anak 5 Tahun

Masa kecil merupakan tahapan yang vital bagi tumbuh kembang anak. Sangat penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian lebih pada masa vital ini. Seperti pemberian nutrisi serta pembelajaran bagi anak merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Karena hal tersebut akan berdampak besar bagi anak hingga masa dewasanya nanti.

Perkembangan anak 5 tahun adalah masa dimana anak-anak biasanya menjadi lebih kreatif. Ketika otaknya sudah lebih berkembang anak mulai berpikir berbagai cara untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya. Anak juga menjadi lebih aktif dibandingkan dengan usia sebelumnya namun dengan pertambahan umurnya ini anak cenderung lebih memiliki self control yang lebih baik. Terlebih lagi dengan kemampuan berbicara yang semakin baik anak-anak akan mulai lebih bersosialisasi dengan orang lain baik dengan orang tua ataupun dengan teman sebayanya. Tidak hanya itu kemampuan fisik anak juga menjadi lebih baik pada saat ini.

Pada perkembangan anak 5 tahun si anak benar-benar sudah tidak tampak seperti bayi lagi atau dengan kata lain orang tua sudah melihat bahwa anak sudah mulai besar. Anak pada usia 5 tahun akan lebih mengeksplorasi keadaan lingkungan di sekitarnya. Pada usia ini anak-anak akan lebih sering bermain dengan teman sebayanya. Anak akan lebih sering berkomunikasi dengan orang tuanya seperti meminta izin ketika hendak melakukan sesuatu atau menolak apabila tidak mau akan suatu hal. Sehingga dengan kata lain anak sudah mulai bisa kooperatif serta lebih mandiri.

Kondisi akal pada perkembangan anak 5 tahun telah mengalami perkembangan yang pesat dibandingkan dengan usia sebelumnya. Anak anda akan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi lagi. Sehingga nanti akan timbul banyak pertanyaan yang mulai serius seperti mencari penyebab suatu hal atau mencari jawaban dari hal yang ada dalam pikirannya. Rasa ingin tahunya juga seringkali pada hal yang terkait dengan sebab akibat yang terkadang diluar ekspektasi orang tua. Namun anak pada usia ini juga sudah bisa diberikan pemahaman sehingga orang tua lagi-lagi berperan penting pada tahapan ini.

Hubungan sosial anak pada perkembangan anak 5 tahun juga akan lebih berkembang lagi. Hal ini paling sering ditandai dengan anak lebih banyak mengingat nama nama orang yang dia temui terutama pada teman sebayanya. Anak pada usia 5 tahun juga akan memiliki lebih banyak teman karena keinginannya untuk terus memperluas hubungan sosial walaupun terkadang hanya dalam waktu singkat dan sering berganti teman. Terkadang anak pada usia ini juga masih mengalami tantrum namun dengan kemampuan sosialnya yang terus berkembang tantrum anak akan seiring berkurang. Anak-anak juga bisa bisa menjadi lebih jahil pada usia ini karena rasa ingin tahunya tersebut.

admin

shares