Ini Dia 5 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Ini Dia 5 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Manfaat tomat untuk ibu hamil ternyata begitu besar. Bahan makanan yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang segar dan nikmat tapi juga memberi manfaat bagi tubuh. Terutama bagi ibu hamil yang diketahui butuh banyak asupan gizi untuk calon bayi yang akan dilahirkan.

Mengapa ibu hamil disarankan mengonsumsi tomat?

Berikut adalah 5 manfaat yang bisa didapat saat ibu hamil mengonsumsi tomat.

1.     Melancarkan Pencernaan

Tidak jarang ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Biasanya ibu hamil akan mengalami konstipasi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Mengonsumsi tomat ternyata bisa ikut membantu mengatasi masalah konstipasi tersebut. Tomat diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi dan akan membantu saluran pencernaan bekerja lebih lancar.

2.     Meningkatkan Imun

Ibu hamil harus selalu berusaha untuk menjaga tubuhnya tetap bugar agar si kecil juga bisa tumbuh sehat. Agar terhindar dari beragam jenis penyakit, ibu hamil perlu memiliki imunitas yang kuat. Konsumsi tomat ternyata juga ikut membantu meningkatkan imun atau daya tubuh saat ibu sedang mengandung.

Satu buah tomat diketahui mengandung 10-15 mg vitamin C yang diketahui bisa meningkatkan imunitas. Selain itu, vitamin C ini juga berperan penting dalam membentuk tulang, gigi, kulit, dan otot pada janin di dalam kandungan.

3.     Meredakan Kram

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan meningkatnya berat badan, ibu hamil akan sering mengalami kram otot. Salah satu manfaat tomat untuk ibu hamil yaitu meringankan nyeri akibat kram tersebut. Tomat diketahui mengandung kalium yang berfungsi meredakan kram pada otot.

Tak hanya itu, kalium yang terkandung pada tomat juga berperan dalam mempertahankan keseimbangan cairan tubuh. Perlu diketahui bahwa ibu hamil harus selalu memenuhi kebutuhan cairannya dengan baik. Konsumsi tomat bisa membantu menjaga ketersediaan cairan dan elektrolit.

4.     Menjaga Kesehatan Mata

Tomat memiliki vitamin A yang melimpah. Vitamin A ini berfungsi penting menjaga kesehatan mata dan tubuh kita. Tak hanya kesehatan mata sang ibu, namun juga kesehatan mata janin yang ada di dalam kandungan.

Tak hanya menjaga kesehatan mata, tomat juga ikut membantu menjaga kesehatan organ lain seperti paru-paru dan jantung. Kebutuhan vitamin A bagi ibu dan janin bisa terpenuhi dengan baik selama konsumsi tomat dilakukan secara rutin.

5.     Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Perlu diketahui bahwa ibu hamil sangat membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Zat besi digunakan untuk memproduksi hemoglobin dan membantu persebaran oksigen ke tubuh ibu maupun janin. Di dalam tubuh, proses penyerapan zat besi bisa dibantu oleh vitamin C yang banyak ditemukan dalam tomat.

Pada saat memasuki usia kandungan tertentu, dokter akan memberikan asupan suplemen zat besi bagi ibu hamil. Namun, konsumsi makanan seperti tomat juga dibutuhkan agar kebutuhan zat besi tercukupi dengan baik.

Itulah tadi 5 manfaat konsumsi tomat saat hamil. Baca informasi menarik lainnya mengenai kecukupan nutrisi saat hamil dan artikel seputar bayi untuk mempersiapkan diri menyambut kelahiran buah hati.

admin

shares