Keuntungan Mendirikan CV Dalam Bisnis

Keuntungan Mendirikan CV Dalam Bisnis

Commanditaire Vennootschap atau yang lebih dikenal dengan nama CV merupakan sebuah badan usaha selain PT atau Perseroan Terbatas. CV sendiri adalah badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih yang memiliki beberapa anggota dengan sebagian anggota memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dan sebagian lainnya memiliki tanggung jawab yang terbatas. Untuk anda yang baru memiliki sebuah usaha, biasanya disarankan oleh jasa pembuatan CV untuk mendirikan CV terlebih dahulu daripada membuat PT. Sebenarnya setiap badan usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, akan tetapi untuk pelaku usaha pemula dengan jumlah modal yang terbatas memang lebih baik membuat CV terlebih dahulu dan anda bisa merasakan keuntungan lebih banyak daripada langsung membuat PT.

                 Seperti apakah keuntungan yang bisa didapatkan apabila mendirikan CV?

  1. Keuntungan pertama terkait dengan modal, karena bila anda mendirikan CV maka anda tidak perlu memiliki modal hingga puluhan juta rupiah. Bagi sebagian orang, untuk memenuhi persyaratan pertama dalam pendirian PT saja sudah sangat susah, apalagi memenuhi persyaratan lainnya. Namun dengan CV anda tidak perlu memiliki modal 50 juta saat itu juga, anda bisa mendirikan CV hanya dengan modal lebih sedikit. Apalagi jika anda ingin mendirikan CV dengan bantuan jasa, biaya yang harus anda keluarkan juga tidak sebesar PT.
  2. Bebas memilih nama untuk badan usaha anda karena dalam pendirian CV tidak ada persyaratan yang mengharuskan menggunakan nama yang belum pernah digunakan oleh orang lain. Berbeda dengan PT, apabila pilihan nama PT anda sudah dimiliki oleh orang lain maka anda harus mengganti namanya.
  3. Karena PT adalah sebuah badan usaha yang sudah besar, ketika harus mengambil keputusan, keputusan tersebut tidak bisa langsung diambil begitu saja karena harus melalui RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Akan tetapi proses pengambilan keputusan seperti ini tidak berlaku pada CV. Sehingga ketika ada suatu kondisi dimana pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat, maka anda bisa langsung memutuskannya tanpa perlu mengadakan rapat besar seperti RUPS.
  4. Walaupun CV tidak sama seperti PT yang sudah menjadi badan usaha yang berbadan hukum, namun dalam hal pembayaran pajak CV memiliki keuntungan. Laba yang didapatkan oleh CV hanya perlu dibayarkan pajaknya satu kali saja setiap tahunnya, sedangkan bagian lama yang dimiliki oleh pemilik CV tidak akan dikenakan pajak dan masih termasuk dalam non-obyek PPh. Jadi bukan berarti hal-hal yang terlihat sebagai kekurangan adalah hal yang buruk, akan tetapi ada banyak hal-hal baik yang menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh badan usaha jenis lainnya.

Anda masih ragu mendirikan CV? Anda tidak perlu ragu, jangan dengarkan kata orang yang hanya bisa merendahkan CV ataupun jenis badan usaha lainnya. Kalau ingin usaha anda berkembang lebih baik lagi, mendirikan badan usaha adalah hal yang harus dilakukan. Apalagi anda tidak hanya membantu diri sendiri saja namun juga membantu perekonomian Negara. Ketika anda mendirikan CV tentu anda harus menyerahkan nomor NPWP. Apabila CV sudah memiliki NPWP maka badan usaha harus melapor dan juga membayar pajak sesuai dengan keuntungan yang sudah didapatkan selama satu tahun. Pajak inilah yang nantinya akan digunakan oleh Negara untuk membangun negeri. Sedangkan keuntungan pribadi yang didapatkan adalah pelanggan/ konsumen/ pembeli akan lebih percaya dengan bisnis atau usaha yang anda lakukan karena sudah memiliki badan usaha sendiri. Tentunya mereka akan lebih memilih tempat usaha atau bisnis yang lebih profesional dan jelas, singkatnya adalah mereka memiliki kepercayaan yang lebih tinggi pada tempat usaha yang sudah memiliki badan hukum daripada yang tidak. Kemudian, apabila beberapa tahun kemudian anda ingin mencari investor atau pemberi modal tambahan, anda akan lebih mudah mendapatkannya karena sudah memiliki badan usaha yang jelas.

Badan usaha yang sudah legal tentu akan lebih dipercaya daripada sekedar tempat bisnis yang tidak jelas. Setelah penjelasan panjang lebar, apakah anda sudah berubah pikiran dan memutuskan untuk mendirikan badan usaha CV?

admin

shares