Mata Perih Karena Layar Komputer, Atasi dengan Insto Dry Eyes

Mata Perih Karena Layar Komputer, Atasi dengan Insto Dry Eyes

Ketika terlalu lama menatap layar komputer pasti akan muncul rasa tidak nyaman pada mata. Mata menjadi lelah dan kadang mata menjadi merah, hal itu dikarenakan kondisi mata yang kering. Kondisi mata lelah seperti ini sebaiknya segera Anda atasi sebelum menjadi lebih parah. Bagaimana caranya? berikut pembahasannya.

Pengaruh Layar Komputer

Kita semua tahu bahwa layar komputer dan gawai menjadi salah satu sumber masalah penglihatan. Hal tersebut diakibatkan karena ketika kita terlalu lama menatap layar komputer refleks berkedip yang menurun yang berpengaruh pada distribusi air mata. Kondisi ini menyebabkan mata menjadi kering.

Sindrom mata kering atau keratoconjuctvitis sicca umumnya disebabkan karena kurangnya produksi air mata, distribusi air mata yang kurang baik ataupun efek dari kondisi kesehatan lainnya. Kondisi mata yang kering jika dibiarkan tanpa penanganan memicu masalah yang lebih serius seperti konjungtivitis, dimana kornea akan rusak dan menyebabkan gangguan penglihatan.

Kornea adalah bagian mata yang memerlukan air mata sebagai pelumas. Apabila pelumas ini kurang maka mata akan menjadi kering dan dapat beresiko melukai kornea. Air mata mengandung senyawa seperti lemak, air lendir, serta lebih dari 1500 protein yang berguna untuk melindungi mata agar tetap halus dan terlindung dari lingkungan sekitar.

Gejala sindrom ini ditandai dengan berbagai gejala umum, seperti mata merah, mata terasa panas, mata seperti berpasir dan kering, mata berair karena respon tubuh terhadap iritasi, mata sensitif terhadap sinar matahari, mata sepet dan penglihatan buram, sulit membuka mata saat tidur, karena kelopak mata menempel, keluar lendir di sekitar mata dan mata mudah lelah.

Pencegahan

Pencegahan perlu dilakukan agar terhindar dari masalah mata. Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah mata yang kering. Salah satunya penggunaan Insto Dry Eyes sebagai pengganti air mata, terutama bagi Anda yang bekerja di depan layar selama berjam-jam. Ada baiknya Anda menggunakan Insto Dry Eyes saat bekerja.

Anda juga bisa menggunakan kacamata baca atau kaca mata hitam yang pas dengan wajah Anda, sehingga penguapan air mata bisa diminalisir. Pembersihan udara secara rutin untuk menyaring debu juga bisa Anda lakukan untuk sebagai upaya pencegahan.

Jika Anda pengguna lensa kontak, Anda bisa mencoba mengubah jenis lensa yang Anda gunakan atau membatasi frekuensi penggunaannya. Hal tersebut cukup efektif untuk mengurangi resiko mata menjadi kering. Pastikan juga Anda mengganti larutan pembersih lensa kontak Anda dengan pembersih yang bebas dari bahan pengawet.

Produksi air mata juga dipengaruhi oleh asupan gizi dan cairan. Kebutuhan air yang tercukupi mampu membantu selaput mata Anda tetap lembap. Berbagai zat gizi juga diperlukan untuk memproduksi air mata, seperti omega-3. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 seperti biji rami, kenari, ikan salmon dan ikan cod.

Menatap layar terlalu lama membuat mata pegel dan gatal, namun usahakan untuk tidak menggosok mata Anda karena akan berpotensi melukai kornea. Hal tersebut bisa Anda hilangkan dengan cara berkedip lebih sering saat sedang bekerja.

Penanganan

Agar terhindar dari masalah yang lebih serius, penangan yang tepat harus dilakukan. salah satunya menggunakan Insto Dry Eyes sebagai pengganti air mata. Kandungan Insto Dry eyes memiliki kandungan yang mirip dengan air mata serta adanya kandungan anti bakteri membuat ada terhindar dari bakteri yang bisa menginfeksi mata.

Mata perih akibat terlalu sering menatap layar komputer atau gawai bukanlah masalah sepele. Sebaiknya kurangi intensitas Anda dalam menatap layar komputer, namun jika tidak bisa dihindari sebaiknya selalu sedia Insto Dry Eyes sebagai pencegahan dan penanganan ketika mata sudah terlanjur kering.

admin

shares