Mengenal Jenis Pinjaman dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Mengenal Jenis Pinjaman dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Salah satu hal yang membuat masyarakat muslim pusing adalah aturan bank yang mengenal sistem riba. Sehingga untuk menanggulangi hal tersebut maka solusinya adalah menggunakan produk dari bank syariah. Begitu juga dengan pinjaman yang bisa dipilih, salah satunya adalah jenis pinjaman uang  syariah. Selama ini Anda tentu mengenal pinjaman kredit tanpa agunan yang mempunyai keuntungan dengan tidak menggunakan jaminan. Akan tetapi apabila takut mengenai kehalalannya maka bisa untuk memilih jenis kredit tanpa agunan syariah yang disediakan. Dimana keuntungan dari kredit tanpa agunan syariah adalah:

  • Tanpa bunga

Keuntungan pertama dari jenis pinjaman kredit tanpa agunan jenis syariah ini adalah tidak membebankan bunga pinjaman. Seperti pada prinsip syariah bahwa bunga adalah riba, maka jenis pinjaman ini bebas dari riba. Ketika Anda akan memilih jenis pinjaman ini nantinya perlu untuk menggunakan akad murabahah, ijarah wa iqtina, dan juga masyarakat mutanaqishah yang sudah disesuaikan dengan syariat islam. Untuk sistem yang digunakan adalah bank syariah akan menjadi pembeli benda yang diinginkan oleh nasabah, setelah itu bank akan menjual benda tersebut pada nasabah dengan cara mencicil dalam kurun waktu yang telah disepakati bersama.

  • Berbagi resiko

Jenis KTA syariah selanjutnya berbeda juga dengan sistem pinjaman konvensional yang mana nasabah akan menanggung resiko sepenuhnya apabila tidak membayar cicilan. Karena untuk sistem pinjaman kredit tanpa agunan menggunakan syariah nantinya resiko tersebut akan dibagi bersama dimana yang mana bank syariah akan ikut untuk menanggung sebagian resiko. Misalnya saja apabila nasabah mempunyai pinjaman 100 juta rupiah yang digunakan untuk berinvestasi, maka bank mempunyai tanggung jawab untuk menanggung sebagian resiko kerugian.

  • Halal

Keuntungan selanjutnya yang ditawarkan apabila memilih pinjaman ini telah disebutkan sebelumnya yaitu sesuai dengan syariat islam. Sehingga pinjaman ini dijamin kehalalannya karena menggunakan cara islam dan juga menggunakan bank syariah. Hal tersebut tentu saja akan menjawab kekhawatiran masyarakat muslim yang masih takut untuk menggunakan jasa perbankan karena mempunyai aturan yang menyimpang dengan cara islam. Sehingga bisa menggunakan jenis kredit tanpa agunan syariah ini yang sudah pasti dijamin halal dan tidak menyimpang dari aturan islam.

  • Ketersediaan pinjaman

Dan hal terakhir yang bisa menjadi alasan mengapa memilih jenis pinjaman KTA syariah adalah ketersediaan pinjaman. Dimana pinjaman ini juga mempunyai syarat yang sama seperti kredit tanpa agunan yang konvensional yaitu fotokopi KTP dan juga slip gaji. Sehingga sangat mudah untuk diajukan dengan syarat tersebut. Untuk limit kredit yang akan bisa diberikan juga tinggi yaitu mulai dari 5 juta rupiah hingga 250 juta dan disediakan oleh berbagai bank syariah yang ternama di Indonesia.

admin

shares