Salah Jika Anda Anggap Remeh Vitamin B

Salah Jika Anda Anggap Remeh Vitamin B

Vitamin adalah sekelompok nutrisi penting yang berhubungan dengan kinerja utama tubuh. Setiap jenis vitamin memiliki dampak yang signifikan bagi tubuh sehingga kekurangan salah satu jenis vitamin pada masa pertumbuhan bisa berdampak fatal bagi kesehatan tubuh. Vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang memiliki kelompok terbesar karena vitamin ini terbagi ke dalam 12 macam. Semua vitamin memiliki hubungan satu sama lain dan bersifat saling melengkapi. Vitamin B adalah jenis vitamin yang bisa larut dalam air tapi vitamin C tidak termasuk ke dalam kelompok ini. Vitamin B1 adalah Thiamine, B2 Riboflavin, B3 Niacin, B5 Asam Pantotenat, B6 Pyridoxine, B12 biotin, asam folat, dan cobalamins.

Kinerja dalam tubuh manusia sebagian besar berhubungan dengan vitamin B. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda seperti vitamin B1, B2, B3 dan biotin yang memiliki andil dalam membuat energi. Vitamin B6 berhubungan dengan metabolisme asam amino, dan vitamin B12 bersama Asam Folat membantu proses pembelahan sel. Ada berbagai fungsi tambahan untuk semua jenis vitamin tapi tidak ada aturan yang mengharuskan semua jenis vitamin harus dikonsumsi secara serentak.

Vitamin B1 dapat ditemukan pada berbagai jenis padi, gandum, berbagai jenis kacang dan sayuran berwarna hijau. Sumber lain untuk vitamin ini adalah ikan, daging, telur dan susu. Riboflavin atau B2 ditemukan pada ayam, telur, ikan, kacang-kacangan. Bahan makanan seperti susu atau olahannya juga memiliki riboflavin. Semua jenis sayuran hijau serta padi atau gandum juga memiliki banyak riboflavin. B3 ditemukan pada ayam dan ikan seperti salmon dan tuna. Selain itu kacang-kacangan,, gandum utuh dan pasta juga memiliki banyak niacin. B6 diperoleh dari kacang-kacangan, unggas, daging merah, sereal, dan telur. Setiap vitamin ini memiliki pengaruh yang baik untuk tubuh dan mendukung berbagai jenis aktifitas yang biasa dilakukan tubuh.

Vitamin ini merupakan sumber yang cocok untuk meningkatkan energi. Proses mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang nantinya akan menjadi sumber energi adalah bagian penting dari keinerja tubuh sehari-hari. Kekurangan vitamin ini akan menghambat produksi energi dan cenderung menjadi mudah mengalami kelelahan. Ini menjelaskan kenapa orang yang terbiasa memperoleh vitamin B kompleks yang tinggi dari nasi menjadi kurang bertenaga jika unsur nasi dihilangkan dari makanan mereka.

Metabolisme menjadi lebih mudah ketika seseorang memiliki asupan vitamin B kompleks yang cukup. Vitamin ini larut di dalam air dan memperbaiki pencernaan. Vitamin juga memiliki andil dalam mengurai bahan makanan seperti karbohidrat, protein dan lemak dengan bantuan asam klorida. Vitamin yang penting untuk menjaga pencernaan adalah B1, B2, B3, dan B6. Kekurangan vitamin ini akan memberikan akibat yang buruk pada pencernaan.

Meningkatkan fungsi memori dan membuat konsentrasi sangat berhubungan dengan vitamin ini. Vitamin membuat pelindung pada saraf untuk menghalangi homosistein yang biasanya akan bersifat racun terhadap sel saraf. Tidak hanya melindungi saraf dari kerusakan vitamin ini juga mampu membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Sintesis RNA dan DNA terjadi dengan bantuan vitamin ini. Kelancaran sintesis berhubungan dengan kesehatan rambut, kulit dan kuku. Kekurangan vitamin ini bisa mengakibatkan dermatitis, ketombe, kulit berminyak, bibir pecah-pecah, kulit keriput dan kering.

Pengaruh niacin membuat kadar kolesterol menjadi lebih rendah. Prosesnya adalah dengan menurunkan LDL dan meningkatkan HDL kemudian melindungi pembuluh darah dari pengerasan sehingga serangan stroke dan jantung bisa dihindari dengan mudah. beras, gandum, biji-bijian, daging dan ikan memiliki kandungan vitamin B kompleks yang tinggi. Tapi vitamin ini cenderung terdapat pada bagian luar beras, kacang-kacangan dan gandum. Pengolahan bahan makanan ini sering membuat vitamin B menjadi hilang.

Vitamin B sering disediakan dalam bentuk suplemen. Terdapat berbagai jenis multivitamin dan mineral yang disediakan dalam berbagai bentuk di pasaran. Sebagian besar produk multivitamin telah dilengkapi dengan vitamin B dan sejumlah vitamin lain untuk menyempurnakan khasiatnya. Pada masa kini menggunakan suplemen vitamin B bisa menjadi sangat penting karena kekurangan vitamin ini bisa berakibat fatal. Jadi akan sangat baik jika anda mempersiapkan suplemen yang baik di dalam rumah.

admin

shares