Tanya Dokter Seputar Berat Badan, Cara Sehat Menaikkan Berat Badan untuk Orang-orang Kurus

Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Banyak orang yang melakukan berbagai macam upaya untuk menurunkan berat badan mereka. Namun di satu sisi ternyata juga ada kalangan yang justru kesulitan di dalam menaikkan berat badannya alias kurus. Meskipun jumlah makanan yang dikonsumsi besar, tak jarang sebenarnya orang-orang yang tetap kesulitan di dalam mendapatkan berat badan ideal, sehingga terlihat seperti orang yang tengah kurang gizi, padahal dari segi konsumsi makanan juga normal, bahkan mungkin cenderung banyak. Tanya dokter seputar berat badan tersebut.

Sebenarnya faktor genetik memang memegang peranan yang sangat penting terhadap berat badan seseorang. Misalnya adalah seseorang yang terlahir dari ayah maupun ibu dengan tubuh kurus, tentunya mereka akan memiliki berat badan kurus juga, bahkan sulit untuk bisa gemuk. Hanya saja terkadang juga ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan seseorang memiliki tubuh yang kurus, seperti diantaranya adalah tengah menderita penyakit kronis tertentu, sampai dengan stres hingga terlalu banyak aktivitas fisik yang dilakukan melebihi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Hanya saja sebenarnya juga tetap ada upaya yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan tersebut, tentunya secara sehat. Berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Menambah asupan kalori dari makanan yang Anda konsumsi, cobalah untuk menambah jumlah atau porsi makan Anda, jika pada dasarnya Anda memang tidak bisa makan dalam jumlah besar sekaligus, maka coba bagi dalam beberapa sesi. Makan dalam porsi kecil, namun lebih sering. Hanya saja juga tetap harus diperhatikan jenis makanan apa yang Anda konsumsi, jangan asal mengonsumsi makanan karena ingin gemuk, pastikan makanan tersebut sehat. Contohnya adalah dengan menambahkan keju dalam roti yang Anda konsumsi.
  2. Penuhi kebutuhan nutrisi, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, mengingat bagaimanapun zat yang satu ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel yang baru dan juga membangun masa otot. Jika jumlah nutrisi yang dibutuhkan tercukupi, maka secara otomatis nantinya akan menambah berat badan Anda.
  3. Hindari minum terlalu banyak sebelum makan, tak jarang orang-orang yang cepat kenyang bahkan hanya dengan makan dalam porsi kecil. Hal ini mungkin disebabkan oleh kebiasaan Anda seperti minum sebelum makan, sehingga lambung sudah terisi penuh dengan cairan, hanya menyisakan sedikit ruang untuk makanan yang masuk ke dalamnya.
  4. Rutin olahraga, olahraga pada dasarnya akan memperbaiki dan juga mengoptimalkan kinerja dari organ-organ yang ada di dalam tubuh, termasuk diantaranya adalah usus yang bekerja untuk menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Dengan rutin berolahraga juga membantu untuk meningkatkan massa otot. Jadi berat badan And bertambah tidak sekedar gemuk biasa, melainkan lebih sehat dengan tubuh yang berbody.
  5. Cukupi kebutuhan tidur, tidur berkualitas juga menjadi salah satu kunci untuk menaikkan berat badan. Karena dengan istirahat ini ternyata juga sangatlah berguna di dalam meningkatkan pertumbuhan otot. Jadi berat badan juga bisa bertambah. Sebaliknya bagi orang yang waktu atau jam tidurnya kurang maka akan sulit untuk menambah berat badan.

Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menambah berat badan ini, termasuk mungkin bagi orang-orang yang menderita hipertiroid akan kesulitan dalam menaikkan berat badan, karena metabolisme tubuh berlangsung sangat cepat. Tanya dokter seputar berat badan kini jadi semakin mudah dengan mengandalkan aplikasi Halodoc.

admin

shares